NEWS

Gawat, Pembiaran Gumpalan Sampah di Kota Pekanbaru

Nexus Loading...

Leppamihmi.org - Pemandangan dan aroma yang tak sedap tersajikan bagi pengguna jalan setiap harinya. Bakornas LEPPAMI PB HMI melalui Bidang Lingkungan Hidup menyoroti tumpukan sampah dalam bentuk kresek plastik aneka warna berjejer di bahu jalan tersebut hingga beberapa gumpalan sampah plastik ini mengelinding ke badan jalan dan kemudian terbawa oleh kendaraan yang hilir mudik di jalan ini.

“Kondisi yang saya lihat, sampah itu sudah menumpuk sehingga ini membuat ketidak nyamanan bagi pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut,” ujar Aidon Diago Direktur Lingkungan Hidup Bakornas LEPPAMI PB HMI (Senin, 7/12/2020).

Aidon mengamati dini pagi mulai terlihat beberapa orang pemulung tampak mencari gelas plastik, botol bekas dan kaleng-kaleng bekas di antara tumpukan sampah tersebut. Aktivitas ini sudah menjadi rutinitas bagi para pemulung tersebut.

“Bila sampah-sampah itu tetap dibiarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru, maka diminta kepada Walikota Kota Pekanbaru untuk segera turun meninjau kinerja dari Dinas tersebut. Sebab, setiap hari wilayah ini sudah menghirup bau tak sedap dari sampah yang menumpuk dan dikhawatirkan juga akan menimbulkan dampak penyakit bagi masyarakat nantinya,” ujar Aidon.

Bakornas LEPPAMI PB HMI melalui Direktur Lingkungan Hidup, berharap agar TPS ini segera ditutup oleh pemerintah kota pekanbaru serta minta kepada Walikota Kota Pekanbaru harus lebih Proaktif dan lebih tegas terhadap Kepala Dinas Lingkungan Hidup terkait dengan TPS yang sudah menggangu pemandangan dan ketidak nyamanan dalam berkendara tersebut.

“Lokasi ini bukan tempat pembuangan sampah yang layak, dan saya berharap TPS tersebut dipindahkan ke area yang lebih luas dan tentunya jauh dari pemukiman masyarakat, ujar Aidon.